“Urang Minang” Sungai Bahar Nyatakan Dukungan Penuh Pada CE-Ratu

Cerah bahar
Foto : Cek Endra di Pasar Rakyat Sungai Bahar -Muaro Jambi

JAMBI9.COM – Dukungan pada CE-Ratu megalir deras di Sungai Bahar, bukan hanya dari kalangan muda dan tokoh masyarakat, pernyataan dukungan penuh juga datang dari orang minang, mereka tergabung dalam persatuan warga suku minang, Ikatan Keluarga Besar Minang (IKBM) Sungai Bahar.

Dalam acara temu ramah di pasar rakyat Sungai Bahar, Minggu (8/8/2020) Calon kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Cek Endra didampingi Ibu Rosita Endra dan Ratu Munawaroh beserta rombongan disambut hangat Yel yel kemenangan CE-Ratu, dengan bahasa Minang, atau biasa disebut bahasa “Urang Awak “dikomandoi Yulisman Ketua IKBM.

“Sia Awak?,” kata Yulisman berkali -kali, dua kata itu mempunyai arti sama “Siapa Kita?, dan langsung dijawab dengan serentak Urang Awak Minang, “CE-Ratu”.

Setelah mengomandoi yel yel kemenangan CE-Ratu, Uda Yulisman langsung menyapa Cek Endra dan Ratu Munawaroh dan menyatakan dukungan.

“Bak kato urang Minang, Kami indak pandai mangecek, kami masyarakat minang akan mendukung bapak menjadi gubernur Jambi,” kata Yulisman dengan dieleg bercampur Minang.

“Dengan kedatangan bapak disini kami merasa bersyukur, kami tidak mintak lebih,” tambah Yulisman.

Begitu pun Asril wahab, Petinggi IKBM dan tokoh Masyarakat Minang,

“Kami masyarakat minang telah menyatakan sikap 99 persen mendukung Bapak dan yang Bapak programkan, terimakasih atas perhatian yang telah bapak berikan,” kata Asril Wahab, seraya berjanji akan membuktikan pernyataannya untuk memenangkan CE-Ratu pada 9 Desember mendatang.

“Kalau ado umua panjang, di Sambilan Desember kami tapekti janji,” ucap Asril Wahab.

Dalam temu ramah ini Cek Endra pun diberi “Saluak”, salempang dan baju, Ia menyambut keramahan itu dalam bahasa berdialek Minang, membalas ungkapan Ketua IKBM Yulisman, pemilik usaha Indah Cargo.

“Ambo lah lamo tau jo Indah Cargo, tapi kini baru basuo, alah dibaginyo ambo baju,” yg diarahkannya pada Yulisman.

Melihat para orang minang yang membanjiri acara temu ramah itu, Cek Endra sempat berkelakar,

“Siapo manjago toko, lah tibo siko galo,” ucap Cek Endra.

Dari pengakuan para yang hadir yang umumnya pedagang, mengatakan saat ini pendapatan usaha menurun, Cek Endra langsung menanggapi, menurutnya bahwa menggerakkan ekonomi itu adalah tugas pemerintah.

“Menggerakkan ekonomi itu adalah tugas pemerintah, makanya pemerintah mengurangi pajak, Kita akan mudahkan izin, kalau perlu kita bantu modalnya,” terang Cek Endra.

Menyikapi hal ini, Cek Endra menjamin para pelaku usaha akan dibantu oleh Pemerintah Provinsi, menurutnya hal ini belum pernah dilakukan.

“Kita belum mendengar ada Pemerintah Provinsi yang membantu modal pedagang, Siapa pun menjadi gubernur akan berhadapan dwngan ekonomi Pasca Corona, Kami CE-Ratu siap memperbaiki ekonomi pasca Corona,” urai Cek Endra.

Cek Endra juga menyinggung kualitas infrastruktur yang kurang mendukung kelancaran usaha,

“Biar semua komoditi lancar, akses jalan produksi akan dibantu Pemerintah, yang penting orang minang mandukuang awak sadonyo 99 persen,” imbuhnya masih dalam bahasa bercampur bahasa Minang.

Kandidat kuat Calon Gubernur jambi ini menyebut akan melihat kondisi ril di pasar dan berpihak kepada pedagang dengan program pro rakyat.

“Kami punya banyak program untuk masyarakat Pedagang, Kami senang disambut di tengah pasar,” pungkasnya.

Sampaikan salam kami kepada para pelanggan yang belanja di toko, tidak perlu keluar toko, itu sudah membantu kami

Begitu pun Ratu Munawarah, mengapresiasi orang Jambi keturnan Minang yang berperan penting di bidang perdagangan.

“Kami tahu pasar pasar di Jambi berkembang baik karena orang Jambi keturunan Minang, Kami ingin memajukan Jambi dengan sepenuh hati,”ucap Ratu.

Bukan hanya Cek Endra, Ibu Rosita pun keluar bahasa minangnya, bercerita dengan ramah penuh kekeluargaan.

Rosita menyapa para pedagang “Urang awak” (orang Minang. red), berpantun dan meneriakkan yel yel CE-Ratu,

“Dari pado pisang lilin elok lah pisang serawak, dari pado urang lain elok lah urang awak, Sia Awak?” yang dijawab serentak dengan :”CE-Ratu…”. (gus)