Survey Charta Politika : Duet CE-Ratu Berpotensi Menang

Cerah JAMBI9.COM- Hasil riset Charta Politika Juli 2020 mencatat Duet Cek Endra-Ratu Munawaroh berpotensi (CE-Ratu) menang di Pilgub Jambi 9 Desember 2020 mendatang.

Dilansir dari laman media jambilink.com (media partner jambi9.com), nama Ratu Munawaroh bertengger di posisi puncak, sebagai figur wakil gubernur pilihan masyarakat.

Menurut Charta Politika, elektabilitas nama Ratu Munawaroh teratas di angka 15,6 persen, jauh meninggalkan figur lain, semisal mantan Wakil Walikota Jambi Abdullah Sani ( 12,5 persen) dan WalikotaSungai Penuh Asafri Jaya Bakri (10,2 persen).

Dengan skema berpasangan, duet yang mengusung jargon CERAH itu digdaya dengan elektabilitas 22,6 persen.

Ardha, peneliti Charta Politika mengatakan, dalam pertarungan sangat ketat seperti ini, figur wakil sangat menentukan. Cek Endra lebih diuntungkan, karena berdasar riset menunjukkan sosok Ratu sangat tinggi elektabilitasnya.

Apalagi, survey ini digeber ketika Ratu belum aktif bersosialisasi. Potensi elektabilitas yang terus menaik menganga lebar.

Duet CE-Ratu betul-betul berpotensi dan diperkirakan bakal menang mudah ketika Fasha-AJB gagal berlaga.

Skema tanpa Fasha, CE-Ratu menempati posisi teratas di riset Charta Politika itu. Selisih elektabilitas duet CE-Ratu dengan kandidat lain, seperti Haris dan Fachrori, terlalu jauh.

“Pertarungan memang terlihat jelas antara Fasha dan Cek Endra. Kita memang tidak menguji simulasi jika Fasha tidak maju. Tapi, menurut saya akan ada dampak signifikan terhadap Cek Endra,”ujarnya.

Selisih elektabilitas Fasha dan Cek Endra masih terpaut dalam angka margin of error, 3 persen.

Melihat pertarungan ketat antara Fasha dan Cek Endra itu, ia meyakini menjadi suatu keuntungan bagi Cek Endra, jika Fasha gagal melenggang.

Survey digeber pada 22 Juli hingga 28 Juli 2020. Melibatkan 1000 responden yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. (*)