Subling di Jambi Seberang, Jamaah : “Cek Endra Pemimpin Ideal ..”

JAMBI9.COM – Saat jarum jam baru menunjuk pada pukul empat dini hari, dengan mengenakan jubah putih, Jum’at 16 Oktober 2020, Bupati Sarolangun itu bergegas meluncur ke Masjid Nurul Islam, Tanjung Pasir, seberang Kota Jambi. Shalat subuh berjamaah di sana. Ini masjid ke 300 yang dikunjungi Cek Endra sejak program subuh keliling (Subling) ini Ia gulirkan di Sarolangun.

Memelopori subling, Cek Endra bergerak dari satu masjid ke masjid lain. Ia gunakan momentum subuhan itu untuk membakar semangat masyarakat muslim agar bersemangat meramaikan masjid.

Sebab, kata Cek Endra, masjid harus lah menjadi pusat pergerakan. Pusat aktivitas. Pusat segala hal.

“Kalau mau daerah dan bangsa ini baik, rakyatnya hidup sejahtera, bagusi dulu agamanya. Percayalah, jika jamaah subuh di masjid ramainya seperti jamaah Jumat, keberkahan akan turun dari langit. Ini janji Allah SWT,” kata Cek Endra, dikutip dari jambilink.com.

Karena percaya akan karunia Allah SWT, ini pula yang menjadi alasan Cek Endra berikhtiar meramaikan masjid.

“Sebab dakwah dengan kekuasaan biasanya lebih efektif. Saya sudah coba di Sarolangun,”ujarnya.

Menurutnya, subuhan di masjid bukan sekedar untuk memburu pahala. Apalagi bermotif politik.

Bagi Cek Endra, subuhan berjamaah itu menjadi ajang memperat ikatan persaudaraan, antara pemimpin dan rakyat. Inilah momen di mana seorang pemimpin bisa mendengar dan menyaksikan langsung keluh kesah warga.

Ini pula yang kerap dirasakan Cek Endra, ketika subuhan berjamaah di masjid. Seperti pagi ini, Cek Endra tampak asyik bercengkrama dengan jamaah.

Usai subuhan mereka melanjutkan dengan sarapan bersama. Cek Endra juga banyak menerima masukan dan saran, bagaimana selayaknya menjadi seorang pemimpin itu.

Terakhir, ia ramai-ramai didoakan warga, supaya dimudahkan ikhtiarnya. Dimuluskan jalannya. Disehatkan badannya.

“Dijadikan pemimpin yang amanah. Semoga segala kebaikan diturunkan Allah padanya,”kata ustad Yunus, pengurus Masjid Nurul Islam.

Sang imam lantas menyebut sosok Cek Endra merupakan figur pemimpin ideal. Dalam Islam, kata dia, salah satu indikator pemimpin ideal adalah bagus akhlaknya. Baik agamanya.

“Insyallah… kalau pemimpin itu sudah baik agamanya, maka urusan dunia akan ikut baik. Percayalah…” ucap ustad Yunus. (*)