Sarolangun Wajib Masker, Banyak PNS Masih Melanggar

Sekda Naser
Foto : Sekda Ir. Endang Abdul Naser, di Lokasi Razia Masker

JAMBI9.COM – New Normal atau secara sederhana disebut adaptasi kebiasaan baru, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 terus, hal ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun.

Pemkab Sarolangun terus mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan, hingga menggelar razia masker terhadap PNS dan masyarakat umum, seperti yang digelar pada Kamis pagi (27/8/2020) dipimpin Sekda Ir.Endang Abdul Naser, beserta Kepala BPBD Trianto dan Kasat Pol PP Riduan dan puluhan anggota Satpol PP yang didampingi oleh pihak TNI di Gapura Perkantoran Pemkab Sarolangun.

“Pagi ini kita mulai melakukan pengawasan terhadap pemakaian masker sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 pertanggal 4 Agustus 2020, dilanjutkan dengan Peraturan Bupati Sarolangun,” ucap Sekda Ir.Endang Abdul Naser.

Sekda menyebut, razia masker akan akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan dengan melibatkan Satpol PP, TNI dan Polri, kegiatan yang bersifat pengawasan ini akan digelar Seminggu 2 kali. Untuk hari pertama dilaksanakan terhadap PNS.

” Masih banyak PNS kita yang tidak memakai masker, padahal maskernya ada tapi tidak dipakai. Tadi sudah kita peringatkan, kedepan wajib memakai masker,” jelas Sekda seakan menyayangkan prilaku PNS  yang belum patuh aturan protokol kesehatan, yang semestinya harus dapat menjadi contoh bagi masyarakat umum.

Terkait sanksi yang akan diberikan jika masih kedapatan tidak menggunakan masker, pertama hanya diberikan sanksi teguran dan untuk sanksi kedua yaitu sangsi disiplin.

“Untuk sanksi disiplin, kita jadikan dia pekerja sosial, seperti membersihkan parit atau got dan sampah, setelah itu baru didenda sebesar Rp.50 ribu sesuai Perbup,” tegas Sekda.

Lanjut Sekda, razia masker ini juga akan menyasar ke tempat usaha, seperti usaha perhotelan, restoran dan lain-lain, dalam hal penerapan protokol kesehatan, seperti menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitaizer dan termogan.

“Restoran harus membatasi tempat duduk. Kita akan terus pantau dan tindaklanjuti penerapan protokol kesehatan, hingga wabah corona ini hilang dari daerah kita,” urai Sekda.

Razia Masker Pantauan media ini di lapangan, terlihat sebagian besar PNS Pemkab Sarolangun masih banyak yang belum menerapkan protokol kesehatan, seperti pemakaian masker, bahkan banyak yang diberhentikan petugas karena tidak menggunakan masker, dan ada yang diminta putar balik untuk mengambil masker. (gus)