Saksi Paslon Nomor Urut 2 Tidak Hadiri Rapat Pleno Terbuka KPU Sarolangun

JAMBI9.COM – Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat Kabupaten Sarolangun Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi tahun 2020, Selasa 15 Desember 2020 di kantor KPU Sarolangun tidak dihadiri Pasangan calon (Paslon) Nomor urut 2 Fachrori Umar-Syafril Nursal.

Ketidakhadiran saksi Paslon nomor urut 2 ini menjadi perbincangan peserta rapat, namun para peserta rapat pleno itu seperti mahfum dan tidak memperpanjang persoalan ini dan rapat pleno tetap diselenggarakan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum ((KPU) Kabupaten Sarolangun Muhammad Fakhri, terkait hal ini mengatakan pihaknya telah melayangkan surat undangan kepada Paslon nomor urut 2 untuk menghadiri rapat pleno tersebut, namun hingga sekitar pukul 09.15 pagi, rapat dimulai walau tanpa kehadiran saksi Paslon Petahana itu.

“Kita sudah melayangkan surat undangan, mereka tidak hadir dan juga tidak menyerahkan surat mandat, walau pun saksi nomor urut dua tidak hadir, pleno tetap jalan,” kata Muhammad Fakhri.

“Ini sesuai dengan PKPU Nomor 19 tahun 2020, bila salah satu saksi Paslon tidak hadir dalam rapat pleno, rapat tetap diselenggarakan,” imbuhnya.

Ditemui media ini di sela ‘break’ makan siang, Ketua Bawaslu Edi Martono menanggapi, Edi menyebut saksi paslon nomor urut 2 mulai tidak menghadiri rapat pleno dari tingkat kecamatan.

“Memang dari rapat Pleno di tingkat kecamatan, saksi paslon nomor urut dua sudah tidak hadir, begitu juga pada rapat pleno tingkat kabupaten ini, namun nanti tetap dikirimkan salinan hasil pleno,” kata Edi Martono.

Hingga diterbitkannya berita ini, Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat Kabupaten Sarolangun Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi tahun 2020 masih berlangsung, baru terlaksana pleno 4 kecamatan dan 6 kecamatan menunggu giliran. (*)