Lomba Pukul Bantal Meriahkan Idul Fitri Kampung Muara Sawah – Sarolangun

Peserta lomba saling pukul

JAMBI9.COM – Lomba pukul bantal menjadi permainan menarik dan ditunggu warga Kampung Muara Sawah, Dusun Sarolangun setiap lebaran, seperti Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini, yang meriah dengan aneka perlombaan dan permainan lainnya, Rabu (27/05/2020).

Bermacam-macam jenis perlombaan dan permainan yang diselenggarakan pemuda Kampung Muara Sawah tersebut, Seperti Permainan Lomba Gunting Tali Berhadiah, Lomba Memakan Kerupuk Berhadiah, Lomba mencabut Koin, dan Lomba Pukul Bantal, berlokasi di pinggir Sungai Tembesi Kampung Muara Sawah, Dusun Sarolangun Kecamatan Sarolangun.

Penyerahan hadiah lomba pukul bantal

Aneka perlombaan dan permainan tersebut merupakan Tradisi Budaya Pemuda Kampung Muara Sawah, Dusun Sarolangun di setiap tahun untuk memeriahkan Kampung mereka di waktu Hari Raya Idul Fitri.

Perlombaan Pukul Bantal yang bermodalkan sebatang pohon pinang yang dibujurkan di pinggir sungai Batang Tembesi, peserta dipersenjatai sebuah bantal untuk memukul lawan dengan ketangkasan diatas kayu pinang, memukul lawan, siapa yang terjatuh akan berlumuran lumpur dibawahnya dan siapa yang bertahan diatas kayu pinang akan menjadi pemenang.

“Yang terjatuh akan berlumuran lumpur dan siapa yang bertahan diatas akan menjadi pemenangnya,” kata Khalid, Wakil Ketua Pemuda Kampung Muara Sawah.

Pantauan media ini, para penonton bersorak ceria hingga tertawa renyah saat menyaksikan pertarungan di atas kayu pinang licin yang membujur dengan peserta bersenjatakan bantal, pemenang akan mendapatkan hadiah menarik dan sejumlah uang.

“Dalam pertarungan kali ini, dimenangkan Hasbullah, yang mendapatkan Hadiah Trophy dan uang tunai sebesar Rp 1 Juta, “Ungkap Khalid. (gus)