Kyai Muzakki Ponpes Darul Ulum Restui dan Doakan Ratu Munawaroh

Ratu Munawaroh Bersambang ke rumah Kyai Muzakki, Rabu (30/9/2020). Mengenakan setelan muslimah dengan jilbab syar’i berkelir hijau, . Ia ulama sohor di Pemayung, Batanghari. Punya banyak pengikut sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum II.

***

Rumah Kyai Muzakki kerap disowani sejumlah tokoh, pejabat maupun rakyat jelata. Mereka datang dengan berbagai keperluan. Ada yang ingin membentuk anaknya menjadi orang soleh-solehah.

Ada yang minta didoain agar sukses segala ikhtiar duniawinya. Kyai Muzakki memang kesohor sebagai ulama yang terbuka mata batinnya. Prediksi dari intelijen langitnya jarang meleset.

Hari itu, Ratu disambut hangat. Ia seperti bagian dari keluarga, dikutip dari laman media jambilink.com.

Istri mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin itu bergegas menuju rumah sang kyai, persis di samping masjid ponpes.

Ratu duduk bersimpuh di lantai. Sementara kyai Muzakki mengangkat kedua tangan, tengadah, mulutnya mulai komat-kamit mendoa.

Sang Kyai merestui dan mendoakan Ratu Munawaroh. Agar ikhtiarnya dimudahkan.

Ada yang menarik di sela-sela kunjungan hari itu. Seusai berdoa, Kyai Muzakki menyapu pandangannya ke arah langit rumah. Lalu menoleh ke arah Ratu.

Kyai Muzakki yang dikenal terbuka mata batinnya itu, tetiba bilang begini.

“Ibu sudah gak usah sosialisasi lagi, Insya Allah pemenangnya pasangan CE – Ratu,” katanya dengan air muka serius.

Ratu terlihat mengangguk pelan. Para kru yang mendampingi Ratu langsung tertegun. Mereka berharap restu, doa dan mata batin kyai Muzakki… insyallah mewujud nyata.

Kyai Haji Lohot Hasibuan juga tampak menjamu Ratu di ponpes itu.

Bagi Ratu Munawaroh, kunjungan ini merupakan silaturahmi. Sejak dulu, Ratu kerap berkunjung ke rumah-rumah kyai dan ponpes. Bukan melulu karena momentum politik.

Silaturahmi, bagi Ratu, sebagai bentuk takzim kepada para ulama, Syeikh, yang selama ini mengayomi umat.

“Ini lebih bermakna sowan seorang santri kepada para sesepuh. Bersilaturrahmi memohon doa dan restu. Silaturrahmi seperti ini merupakan tradisi keluarga saya yang hidup di NU,” kata Ratu Munawaroh.(*)