Jawab Aspirasi Tokoh Masyarakat,  Cek Endra Akan Bangun Politeknik di Kerinci

JAMBI9.COM – Cek Endra akan membangun Politeknik di Kerinci, Ia bersiap menjadikan Kerinci sebagai pusat pendidikan masa depan.

Demikian ditegaskan Cek Endra, ketika berkunjung ke rumah Fakhrizal, salah satu tokoh masyarakat Kayu Aro, Minggu (13/9/2020), dikutip dari jambilink.com,.

Cita-cita itu, diungkap Cek Endra sebagai jawaban atas aspirasi dan permintaan Fakhrizal yang prihatin dengan kondisi masa depan anak-anak Kerinci. Wabil khusus kayu Aro.

“Anak anak kayu Aro tidak ada yang bisa kuliah negeri di Jambi, semua yang kuliah masuk swasta dan itu berbiaya mahal. Harapan kami perguruan tinggi bisa hadir di Kayu Aro sehingga anak anak kayu aro banyak yang bisa melanjutkan kuliah di bangku perguruan tinggi yang mudah di akses” pinta Fakhrizal tokoh masyarakat Kayu Aro itu.

Cek Endra sengaja melipir ke rumah Fakhrizal, di dusun Sawahan Kayu Aro. Ia ingin mendengar langsung keluh kesah warga, yang harus menjadi perhatiannya, apalagi kelak menjadi Gubernur.

CE tidak sendiri. Ratu Munawaroh turut serta. Ia diiringi rombongan.

Cek Endra mahfum. Kerinci diapit oleh taman Nasional kerinci Seblat. Sehingga luas lahan garapan sangat amat terbatas. Hanya 40an persen saja. Sisanya, merupakan kawasan hutan konservasi, yang tak sejengkal pun boleh dijamah. Ada ancaman pidana dan itu diantur hukum dunia.

Sementara, kata Cek Endra, pertumbuhan jumlah penduduk di Kerinci bak deret hitung. Penambahannya berlipat-lipat saban tahunnya.

“Lahan yang harus digarap terbatas. Menjadi wajar banyak sawah kini berkurang karena jadi pemukiman. Maka, kerinci harus betul-betul difikirkan kedepan. Harus serius penanganannya. Ia berbeda dari daerah lain,”ujarnya.

Selain potensi wisata, Cek Endra berniat hendak menjadikan Kerinci sebagai pusat pendidikan masa depan. Bukan tanpa alasan. Mengingat kondisi geografis Kerinci, sangat cocok dan memungkinkan untuk dikembangkan menjadi pusat pendidikan.

“Tempat hiburan relatif tidak ada di sini. Tempat hura-hura tidak ada. Jadi, secara geografis, kerinci cocok dikembangkan sebagai pusat pendidikan. Anak-anak bisa fokus belajar. Insyallah…kita akan dorong pembangunan politeknik di sini,”jelasnya, panjang lebar.

“Ini harus jadi cita-cita kita semua. Mari sama-sama kita perjuangkan,”imbuhnya.

Cek Endra juga menyampaikan bahwa
Tanah perumahan yang ditempati masyarakat di sini sebagian besar masih punya PTP, kedepan pemerintah akan fasilitasi untuk bisa dimiliki legalitas nya oleh masyarakat.

“Pemerintah harus bisa fasilitasi itu, ” tegas Cek Endra. (*)