Gempa Landa Turki dan Yunani, Muhammadiyah Ajak Seluruh Komponen Bangsa Tunjukkan Jiwa Kemanusiaan

Foto : Haedar Nashir dalam Milad UMS

Yogyakarta, Gempa berkekuatan 7,0 skala Richter melanda wilayah Pantai Aegean Turki dan Yunani pada hari Jumat (30/10) telah menghancurkan banyak bangunan warga dan merenggut korban jiwa.

Atas terjadinya bencana tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr H Haedar Nashir mengajak seluruh komponen bangsa untuk menunjukkan rasa peduli dan jiwa taawun.

“Kami mengajak kepada seluruh kekuatan umat Islam dan warga bangsa Indonesia untuk menunjukkan kepedulian dan sikap berbagi dengan semangat kemanusiaan, bagaimana kita hadir membangun taawun untuk saudara-saudara kita di Turki dan Yunani,” Pesan Haedar, dilansir dari suaramuhammadiyah.id.

Lebih lanjut, Haedar berharap pemerintah Indonesia segera menjalankan peran sebagai negara sahabat dan menjalin kerjasama untuk meringankan beban Warga Negara Indonesia yang terdampak bencana, baik di Turki maupun Yunani.

“Mudah-mudahan semuanya akan cepat berlalu dan kehidupan menjadi normal kembali,” harap Haedar.

Gempa tersebut mengakibatkan tsunami di wilayah Yunani dan Turki melukai ratusan orang dan merenggut korban jiwa yang dilaporkan terus bertambah di kedua negara. Turki dan Yunani adalah dua negara bertetangga yang sering bersitegang, namun dalam merespons bencana ini mereka memberikan pernyataan untuk saling memberi support yang positif. (*)