DLH Sarolangun Lakukan Pemeriksaan UPL/UKL PT. CTSP

Ctsp
Rapat Pemeriksaan UPL /UKL PT. CTSP

JAMBI9.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sarolangun melakukakan rapat pemeriksaan draf dokumen UPL/UKL PT. Citra Tobindo Sukses Perkasa / CTSP, perusahaan penambangan batu bara yang berlokasi di Desa Kerto Pati Simpang Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun, Selasa (28/7/2020) yang dipresentasikan PT. CTSP

Dalam rapat tersebut, PT. CTSP menampilkan draf dokumen upaya pengelolaan lingkungan hidup (UPL), Perubahan dokumen lingkungan kegiatan pertambangan batu bara dengan luas 199 Hektar yang mencakup perubahan kepemilikan usaha dan/ atau kegiatan dan perubahan waktu dan durasi operasi di Desa Kerto Pati Simpang, Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun.

Rapat dibuka Kadis LH Deshendri, Sekdin DLH Ratna Dewi, Kabid Taling dan Amdal DLH Heri Kuslaini, Suhardi Sohan Kabid Pengawasan, DPMPTSP Bidang Pelayanan Perizinan Abdullah Zikri, Camat Mandiangin Pajardin, Tim Teknis dari beberapa Din terkait dan pihak manajemen PT.CTSP.

Andi Syahbudi, Kepala Teknik Tambang PT. CTSP mengatakan dalam rapat ini membahas dan mengevaluasi pengajuan adendum UKL dan UPL sesuai Undang undang dan peraturan yang berlaku.

“Kita ingin patuh terhadap Undang undang dan peraturan agar tidak ada permasalahan di belakang hari,” katanya.

Hal ini terkait izin prinsip PT .CTSP sebelumnya satu dengan PT. Tama Rona, namun dalam pelaksanaan operasionalnya dilakukan PT. CTSP.

“Dengan habisnya masa berlaku izin prinsip yang lama, maka kami ingin menyempurnakan dokumen yang sudah ada, sehingga tidak ada lagi dokumen prinsip yang lama,” terang Andi Syahbudi.

Lanjut Andi Syahrudi, selain menyempurnakan dan melakukan perbaikan terhadap dokumen izin prinsip PT. CTSP secara dokumen maupun implementasi di lapangan sesuai dengan amanat UU.

” Intinya pembahasan hari ini pada sifatnya teknis. Karena untuk dokumen sudah sesuai dengan apa yang kita harapkan, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki,” ungkapnya.

Terkait presentasi menyangkut UPL /UKL PT. CTSP, Kadis LH Deshendri melalui Kabid Taling dan amdal Heri Kuslaini mengatakan jika, dari pembahasan yang sudah dilakukan bersama tim teknis dan DLH serta bersama pihak PT. CTSP diberi waktu 14 hari untuk melakukan penyempurnaan dokumen.

” Kita beri waktu 14 hari kepada pihak perusahaan, terhitung setelah berita acara untuk menyempurnakan dokumennya,” ucap Heri Kuslaini.

Heri Kuslaini menyebut, dalam hal pemberian izin adalah wewenang Provinsi Jambi namun daerah rekomendasi terkait izin yang akan diberikan kepada perusahaan. (gus)