Dishut Provinsi Jambi Lakukan Sosialisasi Pasca Izin HTR Koperasi RBM Sarolangun Bersama CV. Tiga Putra

RBM
Foto : Sosialisasi Pasca Izin HTR Koperasi RBM Sarolangun

JAMBI9.COM – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jambi melakukan sosialisasi pasca izin HTR pada Koperasi Raga Bakti Makmur (RBM) Desa Lubuk Sepuh dan CV. Tiga Putra, pihak Pengelola, Rabu (12/8/2020) didampingi KPH VIII Hilir Sarolangun di kediaman Susilawati direktur CV. Tiga Putra yang beralamat di RT 25 Kelurahan Aur Gading Sarolangun.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Bidang Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat dan Hutan Adat (PPMHA) Gus Henra.SH yang diwakili langsung Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Rony.

Koperasi RBM Turut hadir Vien, Kasi Penyuluhan serta Siswan Sidik staf Kasi Pemberdayaan Dishut Provinsi Jambi dan Kamal perwakilan KPH VIII Hilir Sarolangun, Oftaker Koperasi RBM Ihsanuddin, Sekretaris Koperasi RBM Ihsan Ilyas, Direktur CV. Tiga Putra Susilawati dan sejumlah perwakilan kelompok tani dibawah naungan Koperasi RBM.

Ihsan Ilyas sekretaris sekaligus merangkap sebagai Ketua Koperasi RBM, menyampaikan bahwa Program jangka panjang penanaman kayu Sengon saat ini sudah tertanam sebanyak 225 Hektar dengan hasil sangat menjanjikan sudah ditanam 70 persen.

“Saat ini progres amanat dari bapak Presiden Jokowi untuk mengelola hutan tanaman industri (HTR) ini melalui Koperasi kita sudah mencapai 70 persen, hanya saja program jaka pendeknya seperti tanaman atau peternakan belum ada.”ujar Ilyas.

Ilyas menyebut, agar Koperasi RBM dapat lebih maju, berharap pihak Dinas Kehutanan Provinsi mau mendampingi.

“Oleh karena itu, harapan kami Dinas Kehutanan Provinsi mau mendampingi dan meluangkan waktu, agar koperasi ini lebih maju kedepannya, ” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ihsanuddin (Oftaker), Ketua Pembina Koperasi RBM menyampaikan, meski sudah tertenam seluas 225 hektar, namun sisa perkebunan yang belum ditanam tetap sudah diland clearing.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa sejauh ini progres Koperasi RBM dalam mengelola HTR tersebut mendapat nilai tertinggi dari BLU pusat.

RBM “Alhamdulillah koperasi kami saat ini mendapat nilai tertinggi mencapai 99 persen dalam progresnya dari BLU.” Pungkas Ihsanuddin sembari disambut dengan tepuk tangan dari audien yang hadir.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kehutanan Provinsi jambi Rony, mengatakan bahwa selain menjelaskan bahwa kedatangannya bersama rombongan adalah untuk mensosialisasikan dan mengevaluasi progres Koperasi RBM, ia memuji perkembangan Koperasi RBM.

“Dari ratusan jumlah ijin HTR di Provinsi Jambi ini, Koperasi RBM merupakan koperasi yang sangat baik dalam mengelola HTR ini.” Katanya sambil memuji koperasi RBM.

Ia juga sangat yakin dengan melihat progres Koperasi RBM dalam Mengelola HTR, tidak menutup kemungkinan koperasi ini bisa menjadi Koperasi Percontohan bagi koperasi yang ada di Provinsi Jambi bahkan di tingkat Nasional.

“Harapan kita kedepan koperasi ini bisa menjadi koperasi percontohan bagi koperasi lain nantinya.”punkasnya. (gus)