Debat Cawagub Jambi, Ratu Munawaroh Kupas Peningkatan SDM dan Infrastruktur Jambi

Debat Calon wakil gubernur (Cagub) Jambi, Sabtu malam 20 November 2020 dengan tema “Peningkatan kualitas sumber daya manusia menuju optomalisasi pelayanan publik. Sinkronisasi pembangunan antara pusat dan daerah” Calon Wakil Gubernur nomor urut 1 ini menjawab pertanyaan panelis secara gamblamg dan tenang.

****

Terkait sumber daya manusia, sesuai visi misinya bersama Cek Endra, Jambi Cerah 2024, Ratu menyebut indeks pembangunan manusia (IPM) Jambi menempati angka 71, 26 dan indikator tersebut terletak pada 3 indikator pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Dalam program yang dibawanya bersama Cek Endra akan menjadi pedoman dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Jambi.

Beranjak dari persoalan sumber daya manusia, Ratu mengatakan bahwa infrastruktur harus difokuskan ke kantong kantong sumber ekonomi masyarakat, Ratu bicara mengenai strategi pembangunan bandara dan pelabuhan di Jambi sehingga meningkatkan perekonomian Jambi.

“Ada 4 pilar yang sangat penting dalam pembangunan, salah satunya soal infrastruktur. Bagaimana infrastruktur harus jatuh langsung ke kantong kantong ekonomi,” katanya.

Soal bandara dan pelabuhan laut, Ratu menilai, harus ada sinergitas provinsi dan pusat. Ditambah perwakilan Jambi di DPR RI.

“Ini menjadi tanggung jawab bersama antara Provinsi juga mendorong perwakilan kita di DPR RI sebagai perwakilan kita di pusat. Ini harus disinergikan dan Pemerintah Provinsi harus mendorong ini. Kalau pelabuhan baik, percepatan ekonomi pasti akan berjalan baik,” ucapnya.

Ratu menyebut bandara Depati Parbo, Kerinci. Menurutnya bandara strategis ini perlu dilengkapi dengan Instrumen Landing System (ILS), sehingga pendaratan dan pemberangkatan pesawat tidak tergantung cuaca.

Begitu pun pelabuhan laut, adalah gate way (pintu keluar) untuk banyak komoditi unggulan Jambi. Perhatian pemerintah untuk penyiapan pelabuhan ini harus sungguh-sungguh dan diperlukan kerjasama dengan stakeholder lainnya.

“Perlu ada task force (gugus tugas) antara pemerintah daerah dengan anggota DPR RI asal Jambi, yang tentunya banyak akses dengan pengambil kebijakan di pusat, kaitannya dengan anggaran,” terang Ratu.

Ditanya soal kebijakan dan strateginya terkait dengan dukungan untuk infrastruktur bandara di Provinsi Jambi. Ratu mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung pembangunan yang ada di provinsi Jambi kecuali pembangunan mercusuar yang tidak memiliki manfaat bagi masyarakat.

“Dengan catatan bukan infrastruktur mercusuar, tapi infrastruktur yang jatuh langsung ke kantong-kantong ekonomi,” ujarnya.

Ratu mengatakan bahwa jika bandara dan pelabuhan seperti di Kerinci atau Bungo dapat benar terealisasi maka dapat menjadi ujung tombak perekonomian provinsi Jambi.

“Sangat diyakini apabila pelabuhan ini kemudian betul-betulan kita jadikan sebagai ujung
tombak maka di situlah akan terjadi apa yang dinamakan percepatan perekonomian Provinsi
Jambi,” ujarnya. (*)