Luar Biasa, RSUD HM. Chatib Quzwain Lakukan Uji Swab 434 Tenaga Kesehatan, Hasilnya Semua Negatif Covid-19

Foto : dr. Bambang Hermanto, M. Kes

JAMBI9.COM – Langkah cerdas dan cepat, atas arahan Bupati Sarolangun, H Cek Endra, dalam menciptakan sterilisasi 434 orang tenaga kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah Prof Dr H M Chatib Quzwain (RSCQ) Sarolangun Provinsi Jambi melakukan uji swab. Hasilnya, semua tenaga kesehatan dinyatakan negatif Covid-19.

“Uji swab ini kita lakukan demi menciptakan sterilisasi tenaga kesehatan terhadap penularan Covid-19 dalam tugas melayani kesehatan masyarakat dan agar masyarakat merasa nyaman berobat atau memeriksakan Kesehatanny ” kata dr. H Bambang Hermanto, M. Kes Direktur RSCQ Sarolangun, Kamis (27/8/ 2020).

Uji swab dilakukan bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran UNAND Padang yang digelar di
laboratorium biomedik (Riset Terpadu) pusat diagnostik dan riset penyakit infeksi.

dr Bambang menyebut, 434 tenaga kesehatan yang uji swab adalah petugas yang intens berinteraksi langsung dengan pasien dan pelayanan masyarakat, yakni Dokter Umum, Dokter Spesialis, Perawat, Satpam, Cleaning Service, tenaga medis di UGD, tenaga medis di Poli, dan tenaga medis di ruangan atau zal.

“Yang uji swab adalah petugas yang intens berinteraksi langsung dengan pasien dan pelayanan masyarakat, Dokter Umum, Dokter Spesialis, Perawat, Satpam, tenaga medis di UGD, tenaga medis di Poli, dan tenaga medis di ruangan atau zal bahkan Cleaning Service,” terang dr. Bambang.

Lanjut dr. Bambang, setiap tenaga kesehatan yang bekerja di RSCQ Sarolangun selalu dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 dengan mematuhi ptotokol kesehatan sesuai dengan SOP, bahkan minimal satu kali dalam seminggu di semua ruangan dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Bukan hanya dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 dengan mematuhi ptotokol kesehatan sesuai dengan SOP, semua ruangan di RSCQ juga dilakukan penyemprotan disinfektan, minimal satu kali seminggu, ” tutup dr. Bambang. (gus)