Cek Endra Berkomitmen Berdayakan Warga SAD secara Kontinu

Bupati Sarolangun H. Cek Endra berkomitmen memberdayakan warga Suku Anak Dalam (SAD) secara kontinu. Cagub Jambi nomor urut 1 ini menunjukkan perhatian yang serius kepada SAD yang berdomisili di lima kecamatan se Kabupaten Sarolangun, terbanyak berada di Kecamatan Air Hitam.

***

Dari penelusuran jambi9.com, diketuhui, ternyata
Cek Endra sudah jauh-jauh hari menyiapkan kawasan terpadu khusus SAD. Kawasan tersebut terletak di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, berada di kaki Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD).

Pada kawasan itu, diharapkan agar SAD tidak lagi hidup berpindah-pindah (Nomaden), melainkan sudah bisa untuk hidup menetap. Hal itu dilakukan agar pemerintah bisa memantau dan memberikan pembinaan warga SAD secara optimal dan kontinu.

Dalam upaya merubah kultur dan prilaku warga SAD, Cek Endra memberikan pelatihan bagi SAD dalam hal bercocok tanam dan beternak sesuai tehnologi, melibatkan beberapa dinas terkait, seperti Dinas Pertanian, Perkebunan dan Dinas Sosial.

“Pemerintah Kabupaten Sarolangun telah memberikan perhatian lebih kepada SAD, baik bidang pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan,” ucap Cek Endra beberapa waktu lalu.

Cek Endra menyebut, setiap masyarakat Sarolangun harus merasakan hadirnya pemerintah. Semua lapisan masyarakat harus merasakan pelayanan dari program pemerintah, sehingga tidak ada satu pun masyarakat yang luput dari perhatian pemerintah dengan azaz keadilan.

“Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan taraf hidup seluruh masyarakat, tak terkecuali bagi Suku Anak Dalam,” singkatnya.

Ke depan, Cek Endra akan terus memberi perhatian khusus dalam pemberdayaan warga SAD, hingga nanti SAD memiliki taraf hidup yang lebih baik di tengah perdaban moderen.

“Ini semua kita lakukan sebagai salah satu bentuk komitmen pemerintah, guna memberi kesempatan bagi SAD agar berkembang dan berdaya saing setara dengan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat maju,” terang Cek Endra.

Kawasan terpadu khusus SAD itu sudah dibangun dan diresmikan dengan julukan Kawasan Madani Terpadu SAD, di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun, dan sudah diresmikan pemakaiannya pada bulan Juli 2020 yang lalu bersama TNI Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P, M. Hum.

Dari imformasi terkini, kawasan terpadu madani SAD ini sudah dibangun sekolah untuk pendidikan anak-anak SAD.

“Kampung Madani Terpadu SAD sudah ditempati, sekarang sedang dibangun sekolah untuk anak-anak SAD,” kata Bustra Desman, Camat Air Hitam, beberapa waktu lalu. (*)