Buya Syatar Tetapkan Dukungannya pada Cek Endra Setelah Shalat Istikharoh

KH. Abdul Syatar Saleh bersama H. Cek Endra
KH. Abdul Syatar Saleh bersama H. Cek Endra

JAMBI9.COM – Ulama termashur Kiyai Haji Abdul Syatar Saleh memberikan dukungan penuh pada Cek Endra dan Ratu Munawaroh (CE-Ratu) bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021-2025.

Ulama yang dikenal dengan panggilan Buya Syatar ini mengaku memberikan dukungannya setelah menunaikan Shalat Istikharoh, dimana ibadah ini adalah tuntunan bagi seorang muslim secara syari’at, meminta petunjuk dari Sang Khalik dalam memilih dan mengambil suatu keputusan besar untuk kepentingan agama dan kemaslahatan umat.

“Setelah Saya shalat Istikharoh, saya memilih memberikan dukungan pada Cek Endra, Ia pemimpin yang membangun agama Alloh, mari bersama-sama kita mendukung CE-Ratu,” kata Buya Syatar, Selasa (18/8/2020) saat mendampingi Cek Endra pada acara pelantikan tim pemenangan CE-Ratu di Sungai Manau Kabupaten Merangin.

Dari data yang dihimpun media Ini, Cek Endra terkenal dengan kegiatan Subuh keliling (Subling), Ia hadir di masjid-masjid bersama semua jajarannya, sampai ke Batang Asai di ujung Kabupaten Sarolangun, dan Ia tak segan bermalam disana untuk shalat subuh berjamaah bersama masyarakat, bersilaturahmi dan bercengkrama dengan ramah, duduk bersila sambil mendengar aspirasi masyarakatnya, hingga hari ini sudah lebih 200 masjid Ia kunjungi, termasuk di Kota Jambi.

Para siswa sekolah dasar dan menengah dibina dalam amal shaleh, masyarakat menyaksikan para anak didik sekolah dasar dan menengah membaca Alguran pada setiap memulai dan setelah kegiatan belajar mengajar di sekolah, membuktikan syi’ar agama menggaung dan terpatri pada diri anak didik dan di lingkungan pendidikan.

Cek Endra mengangkat dan memfasilitasi 1000 Guru mengaji, 158 Da’i/Da’iyah serta memberikan insentif kepada para pegawai syara’ dan ta’mir masjid di setiap desa/kelurahan se Kabupaten Sarolangun.

Dalam Membangun dunia pendidikan agama, Cek Endra membangun dan membantu ratusan Pondok Pesantren, lengkap dengan fasilitas dan insentif para pengasuh pondok pesantren dan para ustadz, Pondok pesantren tumbuh dan maju, buktinya hingga saat ini 48 pondok pesantren di Kabupaten Sarolangun sudah terakreditasi secara Nasional.

Langkah Buya Syatar dan alasannya mendukung CE-Ratu dapat dijadikan tauladan bagi masyarakat demi Provinsi Jambi yang agamis menuju Jambi maju yang Baldatun thayyibatun warabbun ghofur.

Hari berikutnya, Rabu (19/8/2020), Buya Syatar bersama para santri hagdz-hafidzah pondok pesantren KH. Abdul Syatar Saleh (Khass) bershalawat dan mendoakan Cek Endra dan Ratu Munawarah terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021-2025.

Ustad Hamjat, salah satu pengurus pondok menyambut haru Cek Endra dan rombongan. Ia berterimakasih, di tengah kesibukannya sebagai Bupati, masih menyempatkan diri berkunjung ke pondok Khass, bertepatan dengan haul berdirinya pondok Khass yang ke 10 tahun.

Para penghafal Qur’an itu menengadahkan tangan ke langit, dipimpin Ustadz Hamjat, Mereka bersimpuh sujud, memohon doa kepada sang Khalik, mengharap Cek Endra sukses dalam ikhtiarnya menuju Gubernur Jambi.

Cek Endra yang hadir bersama istri duduk bersila di lantai, Ia membantu pengembangan pondok itu. Cek Endra berjanji kedepan, jika diizinkan Allah SWT menjadi Gubernur, akan memfokuskan pengembangan daerah yang bernuansa religius, seperti yang telah dilakukannya di Kabupaten Sarolangun.

“Menjadi pemimpin, bukan hanya membangun jalan. Tapi, bagaimana memuliakan ustadz-ustadz. Memperbanyak para Hafidz Qur’an, agar daerah ini dikaruniai Rahmat oleh Allah SWT,” ujar Cek Endra.

Buya Syatar, dalam tausiyahnya menyampaikan pentingnya menguasai isi dan kandungan Alquran, Ia menyebut di Ponpes Khass, para santri selain diajarkan cara menghafal, juga mengupas makna-makna yang terkandung di dalam Alqur’an. (gus)