Breaking News! Massa Gapoktan Geruduk BPN Sarolangun Tuntut Pembatalan Perpanjangan HGU PT. Agrindo

JAMBI9.COM – Massa Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dalam kawasan Bathin Limo Sarolangun didampingi Himpabal (Himpunan Masyarakat dan Pemuda Bathin Limo (Himpabal) Kabupaten Sarolangun menggeruduk (Unjuk rasa) kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sarolangun provinsi Jambi, Kamis pagi 14 Januari 2021.

Dari imformasi yang dihimpun media ini, aksi  ini bertujuan mendesak Pemerintah membatalkan perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) PT. Agrindo Panca Tunggal Perkasa (Agrindo) seluas 1329 hektar, merupakan perpanjangan HGU tahun 2004 dengan luasan 2.134,6 Hektar, yang telah habis masa berlakunya pada 31 Desember 2019 yang lalu.

Menurut keterangan Muhammad Ilham (Momad) koordinator aksi,
tuntutan Himpabal yang mendesak Pemerintah membatalkan perpanjangan HGU Agrindo karena selama ini perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Bathin Limo itu tidak memberikan hak-hak masyarakat, terkait kewajiban perusahaan memfasilitasi kebun plasma masyarakat, dan ketidakjelasan tapal batas lahan HGU yang baru.

“Permasalahan Agrindo dengan masyarakat Bathin Limo atas HGU yang lama belum selesai, hak-hak masyarakat tidak diberikan,” kata Momad.

“Sekarang keluar lagi perpanjangan HGU dengan tapal batas yang tida jelas, kami menolak, kami minta Pemerintah membatalkan HGU Agrindo,” tegas Momad.

Massa Gapoktan berkisar 150 orang yang didampingi Himpabal bergerak dari portal masuk PT. Agrindo Tanjung Rambai-Sarolangjn menuju kantor BPN Sarolangun dan akan dilanjutkan ke kantor Bupati Sarolangun. Saat diterbitkannya berita ini,  aksi demonstrasi sedang berlangsung. (*)