BPKAD Sarolangun Lakukan Penghapusan Aset dan Lelang Kendaraan Roda 4

JAMBI9.COM – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sarolangun tahun ini melakukan penghapusan aset yang habis nilai buku dan
masa manfaatnya.

Kepala BPKAD Sarolangun Emalia Sari melalui Idham Chalid
Kabid Aset Daerah, penghapusan aset berdasarkan peraturan daerah (Perda) dan mengacu pada permendagri dan Peraturan pemerintah (PP).

Dalam penghapusan aset, sebelumnya dilakukan inventarisasi aset pada setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terhadap kondisi barang yang rusak berat dan nilai manfaat ekonomis serta umur manfaatnya sudah habis.

“Pada tahun 2020 kita mengadakan inventarisasi aset, masing-masing SKPD melampirkan kondisi barang yang rusak berat dan nilai dan umur ekonomisnya sudah habis, persetujuan pemusnahan diperoleh pada akhir 2020, penghapusan aset kita lakukan tahun ini,” terang Idham Chalid, Jumat 8 Januari 2021.

“Selanjutnya mereka mengusulkan, kita verifikasi, kita bentuk tim yang diketuai sekda, namanya tim penghapusan aset kabupaten,” urainya.

Proses berikutnya dilakukan pengecekan dan diusulkan kepada Bupati, untuk barang inventaris selain kendaraan dilakukan pemusnahan.

“Setelah dicek, bila ternyata benar, kita usul kepada Bupati, dan meminta persetujuan, selain kendaraan dilakukan pemusnahan aset (dibakar) dan barang yang bernilai boleh juga dijual dengan cara dilelang,” kata Idham Chalid.

Kabid Idham menyebut hingga saat ini sudah 15 SKPD yang telah mengusulkan pemusnahan aset.

“Hingga saat ini sudah 15 SKPD yang sudah mengusulkan, dan ada juga yang mengusulkan pelelangan aset, sepeeti rumah sakit, berupa tempat tidur yang masih bisa dipakai,” ucap Kabid Idham.

“Mekanismenya, setelah pemusnahan dibuat berita acara pemusnahan aset, nanti aset tersebut akan kita keluarkan dari kartu inventaris barang (KIT),” imbuhnya.

Selain barang inventaris berupa peralatan kantor, tercatat puluhan kendaraan roda 4 (mobil) yang akan dilelang dalam waktu dekat, sesuai aturan yang berlaku.

“Untuk kendaraan dinas ada puluhan roda 4, untuk dilelang dalam waktu dekat, kendaraan roda 2 belum ada,” beber Idham.

Dari penelusuran media ini, pemusnahan aset berupa inventaris seperti peralatan dan mobiler kantor telah dilakukan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarolangun, pada Jumat pagi, 8 Januari 2021.

Ditemui awak media di kantornya,Kepala BKPSDM Sarolangun (Kaban) H. A Waldi Bakri, S.IP, S.Sos, MM mengatakan pihaknya melakukan pemusnahan aset telah disetujui BPKAD, yang diusulkan tahun lalu, merujuk pada ketentuan yang berlaku.

“Hari ini kita melakukan pemusnahan aset dengan cara membakar beberapa inventaris berupa mobiler yang sudah rusak dan tidak bisa dimanfaatkan lagi,” kata Kaban Waldi Bakri.

“Kita hanya sebagai pengguna dan peserta pemusnahan aset, sesuai ketentuan dari badan pemilik aset, yakni BPKAD,” ucap Kaban Waldi Bakri. (*)